Home Tips KFFI Bagikan Tips Bentuk Komunitas Free Fire Regional yang Tepat!

KFFI Bagikan Tips Bentuk Komunitas Free Fire Regional yang Tepat!

Hi Sobat Booyah!

Komunitas Free Fire saat ini hampir tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Antusias yang tinggi dari para player, membuat komunitas semakin kuat hingga bisa menghadirkan berbagai agenda menarik. Selain itu, peran komunitas juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Komunitas mampu melahirkan bibit player unggul yang memiliki daya saing di skema kompetitif Free Fire.

Sayangnya, masih ada beberapa daerah yang belum memiliki naungan yang mampu menampung skill dari para player. Karena dalam membangun komunitas juga bukan perkara mudah. Banyak hambatan yang hanya bisa dirampungkan dengan kerjasama antar player.

Baca Juga:

Baca Juga:

Kali ini, Hutomo Ady Utama salah satu pengurus Komunitas Free Fire Indonesia akan membagikan beberapa persiapan yang harus Sobat Booyah lakukan untuk membentuk sebuah komunitas Free Fire. Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Miliki Visi dan Misi Komunitas Serta Program Rutin

Sumber: Galeri pribadi tomo

Dari pengalaman saya membangun komunitas, pertikaian di komunitas itu tidak bisa dihindari, tetapi dahulukan visi dan misi komunitas. Sebuah komunitas memiliki beragam anggota dan pasti nya terdiri dari banyak latar belakang. Hal ini membuat perbedaan pendapat tidak bisa dihindari. Jadi, jangan kaget kalau suatu hari ada konflik antara anggota kalian.

Tanamkan kesadaran kepada mereka, bahwa anggota komunitas harus bersama-sama mendahulukan visi dan misi komunitas. Dengan menanamkan nilai-nilai yang telah disepakati bersama, maka harapannya anggota komunitas bisa saling bersinergi untuk memajukan komunitas.

Untuk membangun komunitas agar lebih berkembang tentunya diperlukan beberapa program yang bisa dijalankan bersama. Jadi, kita tidak sekedar berkumpul, tapi kita memiliki rencana kedepannya.

Bentuk Struktur Komunitas

Sumber: Galeri pribadi tomo

Nah yang pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan cara membangun struktur admin komunitas nya. Jadi mulai dari penasihat komunitas, ketua, wakil, sekretaris, bendahara, koordinator event, ketua harian, dan lainnya. Tentunya bisa melibatkan teman-teman komunitas yang berintegritas dan kredibilitas yang baik dan tentu saja punya tanggung jawab masing-masing.

Setelah adanya struktur, akan ada pembagian tugas yang bisa saling melengkapi satu sama lain. Pembentukan struktur dilakukan agar komunitas memiliki arah yang jelas karena masing-masing player memiliki peran yang telah ditentukan.

Manfaatkan Media Sosial

Sumber: Galeri pribadi tomo

Media sosial digunakan untuk update kegiatan kalian, misalnya event turnamen dan kegiatan Kopdar komunitas serta lainnya. Pastikan media sosial komunitas juga selalu aktif. Hal tersebut bertujuan agar teman-teman yang mengikutinya selalu mendapatkan informasi.

Jangan lupa juga buat konten yang cukup menarik ataupun seputar turnamen kalian. Selain itu, dengan adanya media sosial bisa saling berinteraksi terhadap komunitas dari regional lain. Dengan begitu, komunitas kita akan semakin dikenal.

Libatkan Anggota Komunitas dan Membuat Jadwal Kopi Darat

Sumber: Galeri pribadi tomo

Jangan lupa ajak anggota kamu berdiskusi mengenai event yang akan kalian jalankan. Tips membangun komunitas solid yang satu ini sering terlupakan di beberapa kota yang komunitas nya aktif. Mengajak anggota komunitas dalam diskusi, perencanaan event, atau hal lainnya.

Selain itu harus cukup sering membuat jadwal kopi darat. Dengan sering berkumpul bisa menambah kedekatan antar anggota komunitas. Kopi darat tentunya sudah menjadi tradisi atau keharusan bagi setiap komunitas. Dengan kopdar sesama anggota komunitas, kita bisa saling mengakrabkan diri.

Buat Merchandise untuk Branding

Sumber: Galeri pribadi tomo

Menggunakan Merchandise dari komunitas akan memberikan kebanggaan tersendiri. Untuk memiliki Merchandise komunitas kalian mungkin harus mengeluarkan biaya sendiri, terutama bila tidak ada uang kas komunitas. Tetapi menyumbang sejumlah uang untuk kepentingan komunitas tidak sebanding dengan rasa bangga ketika kalian menggunakan Merchandise komunitas. Dengan adanya Merchandise, komunitas regional juga bisa tampil eksis.

Bergabung di Komunitas Free Fire Indonesia

Sumber: Galeri pribadi tomo

Untuk kalian yang ingin komunitasnya berbaur dengan seluruh komunitas Free Fire di Indonesia. Kalian bisa bergabung bersama KFFI. Disana kalian bisa saling mengenal dengan teman-teman penggiat komunitas dan event se-Indonesia.

Tetapi ada prosedur yang harus kalian lalui bila ingin bergabung ke KFFI. Pertama tentunya struktur kepengurusan komunitas kalian udah jadi. Terus setidaknya komunitas kalian sudah pernah mengadakan Community Tournament Offline di kota kalian.

Itulah beberapa tips membentuk Komunitas Free Fire dari KFFI. Jadi bagi Sobat Booyah yang ingin membentuk komunitas, bisa lakukan tips di atas ya.


Tidak ingin ketinggalan sederet informasi menarik lain seputar Free Fire? Jangan lupa untuk mengikuti TiktokInstagramFacebook, dan YouTube dari Berita Booyah!

TERBARU

Senjata Baru Treatment Laser Gun Hadir di Advance Server FF September...

0
Hi Sobat Booyah! Advance Server FF September kembali menghadirkan senjata baru. Kali ini ada senjata dengan konsep modern futuristik...

TRENDING

TIPS BOOYAH

Tips Bermain Mode Baru Free Fire (FF), Droid Apocalypse!

0
Hi Sobat Booyah! Mode baru Droid Apocalypse sudah hadir di Free Fire. Mode yang satu ini sebelumnya menjadi...